DEKATKAN LAYANAN, PEMPROV LAKUKAN PELETAKAN BATU PERTAMA SAMSAT L2

KUKAR – Pemerintah Provinsi Kaltim lewat Badan Pendapatan Daerah Prov Kaltim segera membanguh Samsat Cabang Pembantu di kawasan L2, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kamis (24/9).

Seremoni peletakan batu pertama dilakukan oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor bersama Sekkab Kukar H Sunggono, Kepala Bapenda Prov Kaltim Hj Ismiati, Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Singgamata, dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Wilayah Kaltim Suratno.

Gubernur mengatakan, pembangunan infrastruktur pelayanan Samsat ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat yang mudah dan lebih dekat, khususnya masyarakat di Kecamatan Tenggarong Seberang.

” Mudah-mudahan cepat selesai, sesuai rencana kontraktornya yaitu 105 hari, dan dengan kualitas yang di inginkan. Semoga proses pembangunan tetap lancar sehingga bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat setelah diresmikan nanti,” ungkapnya.

Menurut Isran potensi penerimaan pajak dari kendaaraan bermotor di Kecamatan Tenggarong Seberang cukup besar yaitu antara Rp 8 miliar sampai Rp 9 miliar, dan wilayah ini akan menjadi daerah yang sangat berkembang. Bahkan nantinya kawasan ini menjadi kawasan yang sangat strategis dalam rangka pembangunan di Kaltim, khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kepala Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda) Provinsi Kaltim Hj.Ismiati dalam laporannya mengatakan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Kantor Samsat ini adalah murni lahan hibah dari Pemkab Kukar kepada pemerintah Pemprov Kaltim.

Dengan luas lahan 2.939 m2, termasuk sebuah bangunan sebesar 48 meter persegi yang terletak di depan yang dulu juga digunakan untuk Kantor UPTD Kehutanan Provinsi Kaltim.

Ismiati menambahkan jumlah penduduk di Kecamatan Tenggarong Seberang kurang lebih 79.997 jiwa yang tersebar
pada 18 desa. Bicara potensi kendaraan, menurut database Bapenda, jumlah kendaraan bermotor tercatat sekitar 34 ribu unit kendaraan. Dengan rincian roda dua sebanyak 29.111 unit, kemudian roda empat 3.500 lebih.

Sementara potensi penerimaan dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB) di wilayah Kecamatan Tenggarong seberang antara Rp 6 miliar sampai Rp 8 miliar setahun.

” Kami harapkan dengan dibangunnya kantor Samsat Teluk Dalam ini menjadi Kantor Samsat penuh bahkan menjadi Samsat UPTD, kami optimis target disini bisa mencapai antara Rp 25 miliar sampai Rp 30 miliar setahun,” kata Ismiati.


syswebadmin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *