Perkuat Kualiatas Pelayanan Kesamsatan Samarinda

bapenda.kaltimprov.go.id Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) menggelar Pelatihan Perancangan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 bagi internal di Samsat Samarinda. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 11 September 2025 di Balikpapan.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Bapenda Kaltim, Dra. Hj. Ismiati, M.Si. Ia menyampaikan bahwa pelatihan ini penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya wajib pajak di Kalimantan Timur.

Menurut Ismiati, UPTD PPRD memiliki peran penting sebagai ujung tombak dalam pelayanan pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak alat berat, hingga retribusi daerah. Karena itu, penerapan standar Sistem Manajemen Mutu diharapkan mampu memperkuat integritas dan efisiensi pelayanan.

“Dengan sistem manajemen mutu ini, pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik, transparan, dan minim kesalahan. Selain itu, juga akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Bapenda Kaltim,” ujar Ismiati.

Ia menambahkan, penerapan ISO tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan kualitas layanan, tetapi juga dapat menjadi contoh bagi UPTD lain di Kalimantan Timur.