EVALUASI KINERJA, SEKDA : BAPENDA JANGAN KENDOR!

SAMARINDA – Menghitung hari jelang akhir tahun 2020, Badan Pendapatan Daerah Prov Kaltim melakukan Rapat Evaluasi Kinerja Pendapatan Daerah dan Pengembangan Layanan Samsat.
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur HM Sa’bani hadir dalam acara yang digelar di Mercure Hotel, Rabu (23/12).
“Pandemi Covid-19 ini belum berakhir. Otomatis kebijakan yang diambil harus disesuaikan dengan keadaan. Salah satunya dengan melakukan inovasi,” ungkapnya didampingi Kepala Bapenda Prov Kaltim Hj Ismiati.
Pria berkacamata itu mengatakan, Bapenda sudah sangat gesit meluncurkan inovasi bersinergi dengan stakeholders lain. Serta, menurutnya, koordinator pemungut pajak daerah ini telah apik meramu strategi guna meningkatkan pendapatan.
“Tidak bisa dipungkiri hal penentu adalah stimulus dari berbagai sektor. Namun, kita semua harus optimistis. Bapenda jangan kendor menjaga APBD,” ucapnya.
Ia mengatakan, Bapenda tak boleh stagnan sebab tantangan ke depan semakin besar. Sehingga Bapenda harus mengoptimalkan kapasitas hingga perkembangan teknologi untuk menggali sumber pendapatan.
Bapenda juga diminta mendukung instrumen gerakan nasional non-tunai, namun tetap memperhatikan faktor keamanan guna menghindari fraud.
Sementara itu, Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati menyebutkan pihaknya akan berkomitmen melaksanakan arahan yang diberikan.
“Kami telah menyiapkan strategi untuk 2021 dan terus bersemangat untuk menjaga kemandirian fiskal daerah,” ungkapnya
Terbaru, Bapenda meluncurkan inovasi Cetak Online Digital (CONDI) SIMPATOR, E-BHABINKAMTIBMAS, E-Samsat LinkAja, dan masih banyak lagi.
“Kami sengaja bekerja sama dengan layanan keuangan digital atau fintech. Nantinya kami juga bekerja sama dengan Tokopedia dan memanfaatkan layanan digital Bankaltimtara yakni Pay Kaltimtara,” paparnya
Bicara PKB dan BBNKB hingga 23 Desember telah mengalami surplus. Realisasi PKB tercatat sebesar Rp 925,97 miliar atau 111,56 persen dari target yang ditetapkan yakni Rp 830 miliar. Hal ini bisa dilihat secara realtime yang tersaji di simpator.kaltimprov.go.id