JANGKAU MASYARAKAT LEWAT SAMSAT PATEN BATU ENGAU

PASER – Dengan penuh optimisme, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mengawali Tahun 2021. Terbaru, Bapenda membuka layanan Samsat Pembantu Paten Batu Engau di Kecamatan Batu Engau, Paser. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
Peresmian dilakukan oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor. Gubernur mengatakan, Pemprov telah berupaya mendekatkan pelayanan. Sehingga masyarakat dapat disiplin dalam membayarkan pajak tepat waktu.
“Terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam membayarkan pajak. Pajak yang dibayarkan manfaatnya akan kembali kepada masyarakat. Untuk pembangunan yang lebih baik di kabupaten dan kota di Kaltim,” ucap Gubernur saat Peresmian Samsat Pembantu Paten Batu Engau, Rabu (27/1).
Diketahui Batu Engau merupakan hasil dari pemekaran dua kecamatan di Paser yakni Kecamatan Batu Engau dan Tanjung Harapan. Kecamatan ini terdiri dari 13 desa/kelurahan. Peresmian juga dihadiri oleh Wakil Bupati Paser H Kaharuddin, Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kaltim H Fathul Halim, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Paser H Katsul Wijaya, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Kaltim AKBP I Nyoman Suantara, Kabag Operasional PT Jasa Raharja Wilayah Kaltimtara Masril Hulima, dan jajaran Forkompimda.
Gubernur juga tak bosan mengingatkan agar masyarakat menjaga kesehatan diri dan keluarga dalam menghadapi Pandemi Covid-19.
“Tetap taati Protokol Kesehatan dalam aktivitas sehari-hari dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” imbaunya.
Sementara itu, Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati menyebutkan Samsat Pembantu Paten Batu Engau merupakan inovasi dari Bapenda. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisasi tunggakan pajak, sebab pelayanan sudah semakin dekat dengan masyarakat. Selain di Batu Engau, Bapenda telah meresmikan Samsat Pembantu Paten Linggang Bigung, Kutai Barat.
Khusus UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) wilayah Paser, terdapat sedikitnya sembilan layanan, yakni 1 Samsat Induk, 1 Samsat Penuh Long Ikis, 5 layanan Samsat Payment Point Bankaltimtara, 1 layanan Samsat JEMPOL OK, dan terakhir adalah Samsat Pembantu Paten Batu Engau.