OPTIMALKAN PERAN BHABINKAMTIBMAS

BALIKPAPAN – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas memiliki peran strategis di tengah masyarakat. Polda Kaltim melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim melakukan Pembekalan Kepada Para Kanit Dikyasa dan Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Kaltim, Rabu (24/2).
Pembekalan dilakukan untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi Bhabinkamtibmas, kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Menciptakan Kamseltibcarlantas melalui Kampung Tertib Lalu Lintas Serta Upaya Meningkatkan PAD Melalui Pajak Kendaraan Bermotor Di Masa Covid-19 Tahun 2021’
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov Kaltim Hj Ismiati, hadir sebagai narasumber. Dalam paparannya, Ismi memberikan sosialisasi terkait dengan ragam inovasi Bapenda untuk pembayaran pajak.
“Teranyar ada e-Samsat Bhabinkamtibmas. Awalnya berjalan di wilayah hukum Polres Kutai Kartanegara sejak Desember lalu dan dinilai sukses. Setelah itu dikembangkan hingga ke Bontang. Kami harap bias diterapkan di seluruh Kaltim,” ungkapnya.
Layanan e-Samsat Bhabinkamtibmas merupakan inovasi Bapenda yang menggandeng petugas Bhabinkamtibmas. Nantinya, wajib pajak bisa membayarkan pajak kendaraannya petugas setempat dengan pembayaran melalui DG Bankaltimtara.
“Selain meningkatkan pendapatan, petugas Bhabinkabtibmas membantu kami melakukan pendataan kendaraan yang ternyata sudah rusak atau hilang. Biasanya hal ini menjadi tumpukan piutang pajak,” jelas Ismi.
Hadir dalam kegiatan Wadirlantas Polda Kaltim AKBP Roberto Pardede, Kasubdit Regident Polda Kaltim AKBP Nyoman Suantara, Kasubdit Kamsel Polda Kaltim Kompol IGN Sudiarta, Subdit Gakkum Polda Kaltim AKBP Bangun, perwakilan PT Jasa Raharja, dan peserta pembekalan.