E-SAMSAT DALAM GENGGAMAN BHABIN DIPERKENALKAN KEPADA MASYARAKAT

KUKAR – Keterbatasan fasilitas yang dimiliki masyarakat di daerah pelosok Benua Etam disadari oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim. Hal ini mendorong Tim Pembina Samsat yang terdiri dari Bapenda Kaltim, Ditlantas Polda Kaltim, dan PT Jasa Raharja Cabang Kaltim meluncurkan inovasi yakni E-Samsat Dalam Genggaman Bhabin.

Inovasi ini bekerja sama dengan PT BPD Kaltim Kaltara dan juga kepolisian dalam hal ini Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati menjelaskan gagasan awal berasal dari pihak Satlantas Kukar, kemudian dikembangkan bersama-sama oleh Tim Pembina Samsat Kaltim.

E-Samsat Dalam Genggaman Bhabin memanfaatkan layanan Dalam Genggaman (DG) Bankaltimtara milik bank pelat merah di Benua Etam untuk pembayaran pajak kendaraan secara tahunan. “Namun, kami menyadari tidak semua orang bisa memahami dan mengoperasikan aplikasi karena karakteristik masyarakat yang beragam. Oleh sebab itu personel Bhabinkamtibmas hadir untuk membantu memudahkan masyarakat dalam prosesnya,” jelas Ismi.

“Dengan layanan ini, para wajib pajak tidak perlu lagi mengantre dan membawa uang tunai ke kantor Samsat. Pembayaran pajak sudah bisa dilakukan melalui transaksi online dan dibantu petugas Bhabin tanpa tambahan biaya apapun,” sambungnya