Koordinasi Persiapan Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Pemprov. Kaltim, Koordinasi dan Tindak Lanjut Kegiatan Perbaikan Belanja SKPD di Lingkungan Pemprov. Kaltim, dan Update Penambahan Fitur Baru Aplikasi SIPD Penatausahaan di Hotel Luminor Pecenongan Jakarta.

Jakarta. Kamis-Jum’at, 19-20 Oktober 2023. BPKAD Prov. Kaltim melalui Bidang Perbendaharaan melaksanakan Kegiatan Koordinasi Persiapan Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Pemprov. Kaltim, Koordinasi dan Tindak Lanjut Kegiatan Perbaikan Belanja SKPD di Lingkungan Pemprov. Kaltim, dan Update Penambahan Fitur Baru Aplikasi SIPD Penatausahaan di Hotel Luminor Pecenongan Jakarta. (CB)

Acara dibuka dan dipimpin oleh Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda Bidang Perbendaharaan.

Acara membahas langkah-langkah melaksanakan penatausahaan KKPD di Aplikasi SIPD sekaligus praktek pada beberapa SKPD, perbaikan rekening belanja pada transaksi LS, dan pemaparan terkait fitur-fitur baru pada SIPD Penatausahaan.

Dalam rangka persiapan implementasi KKPD di Pemprov. Kaltim, berkas-berkas yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Surat Permohonan Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah
  2. Surat Referensi
  3. Surat Permohonan Persetujuan UP KKPD
  4. Surat Pernyataan Uang Persediaan
  5. Surat Persetujuan Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Daerah
  6. Formulir Aplikasi KKPD
  7. Fotokopi KTP Pemegang KKPD, NPWP Pemegang KKPD, dan NPWP SKPD
  8. Fotokopi Surat Keputusan Penunjukan PA/KPA

Selama pemakaian aplikasi penatausahaan SIPD, terdapat beberapa kesalahan penggunaan rekening belanja sehingga harus dilakukan perbaikan rekening belanja supaya tidak terjadi selisih saat pelaporan nantinya.

Terkait fitur-fitur baru pada aplikasi SIPD Penatausahaan salah satunya adalah fitur transaksi yang menggunakan kontrak. Pada kegiatan ini SKPD belajar bagaimana cara penatausahaan pada aplikasi SIPD apabila memiliki transaksi belanja yang menggunakan kontrak.

Narasumber:

  1. Kementerian Dalam Negeri RI
  2. PT BPD Kaltim Kaltara

Acara dihadiri oleh SKPD di Lingkungan Pemprov. Kaltim.