MUDAH DIAKSES, RIAU INGIN ADOPSI INOVASI SADELPOS

SAMARINDA – Memastikan semua masyarakat Kaltim mendapatkan pelayanan yang aman dalam urusan pembayaran pajak daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bependa) Kaltim memaksimalkan program Samsat Delivery Pos (Sadelpos). 

Kepala Bapenda Kaltim Ismiati mengatakan, Bapenda Kaltim sebagai koordinator pemungut pajak daerah mengatakan berupaya menghadirkan layanan unggulan yang mudah diakses untuk seluruh masyarakat. Layanan ini, kata dia memberikan manfaat khususnya kelompok rentan seperti penyandang disabilitas dan ibu rumah tangga, hingga pekerja. Inovasi ini pun menarik minat dari Pemerintah Provinsi Riau.

Dalam kesempatan tersebut, Ismi menjelaskan, sadelpos memungkinkan masyarakat tetap bisa mengurus pajak kendaraan bermotor tanpa harus keluar rumah. Cukup menghubungi kantor pos cabang terdekat, maka petugas akan menjemput berkas dan mengantar kembali Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) yang sudah disahkan di kantor Samsat. Untuk menggunakan jasa ini, masyarakat cukup membayar Rp12 ribu masing-masing untuk biaya jasa pengantaran dan penjemputan berkas pembayaran pajak bermotor.