INOVASI BAPENDA TERBAIK I DALAM PEPES IKAN PEDA

SAMARINDA – Badan Pendapatan Daerah Prov Kaltim menerima penghargaan dari ajang Penjaringan Peserta Inovasi dan Kreativitas Pelayanan Perangkat Daerah (PEPES IKAN PEDA). Kegiatan ini diadakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Prov Kaltim.
Pada 2022, sebanyak 17 inovasi dikirimkan oleh organisasi perangkat daerah tingkat provinsi. Bapenda mengirimkan salah satu unggulannya yakni E-Samsat Dalam Genggaman Bhabinkamtibmas.
Hadir mewakili Gubernur Kaltim yakni Sekretaris Daerah Prov Kaltim Sri Wahyuni. Turut hadir pula Plt Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Prov Kaltim Ujang Rachmad, Kepala Balitbangda Prov Kaltim Fitriansyah, Kepala Bapenda Kaltim Ismiati, dan tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Sekda Sri Wahyuni mengucapkan selamat untuk penerima penghargaan. Ia mengingatkan untuk tetap melakukan adaptasi untuk menghadapi segala tantangan.
Sekda Sri juga mengatakan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kemen-PANRB) juga meminta agar daerah menerapkan reformasi birokrasi tematik dalam gerakan inovasinya.
“Ada empat poin tematik yang dimaksud yakni terkait penanggulangan kemiskinan, investasi, digitalisasi, dan pemanfaatan sumber daya lokal,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati menyebutkan E-Samsat Dalam Genggaman Bhabinkamtibmas adalah inovasi yang dibuat untuk memudahkan masyarakat dengan memanfaatkan tenaga Bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh desa/kelurahan se-Kaltim dan pemanfaatan kemajuan teknologi milik Bankaltimtara yang mendorong upaya digitalisasi penerimaan pajak daerah.