RIAU INGIN E-SAMSAT BHABINKAMTIBMAS HADIR DI SANA

Terobosan tak henti dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Timur, guna peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) yang akan berimbas pada kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terbaru yaitu E-Samsat Bhabinkamtibmas, program pelayanan pajak hingga tingkat desa/kelurahan di Kaltim ini, Bapenda Kaltim bekerja sama dengan Polda Kaltim, Jasa Raharja dan Bankaltimtara. Hal ini begitu menarik minat Pemerintah Provinsi Riau.

Melalui program ini, masyarakat tidak perlu lagi menempuh jarak jauh dengan kondisi jalan yang sebagian besar rusak hanya untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Selain itu dapat meminimalisasi jumlah piutang pajak kendaraan bermotor. Pada 2021 layanan ini dikembangkan ke seluruh Kaltim. Dengan luas mencapai 127.346,92 km persegi dan kondisi geografis yang unik, menjadi tantangan bagi Bapenda di Benua Etam karena harus menghadirkan layanan prima di seluruh pelosok Kaltim. Berangkat dari permasalahan tersebut, Bapenda Provinsi Kaltim mengagas ide untuk memanfaatkan Bhabinkamtibmas. Dengan demikian bapenda mengolaborasikan fungsi registrasi dan identifikasi yang ada pada satuan lalu lintas dengan fungsi pembinaan masyarakat oleh satbinmas. Para petugas tersebut nantinya akan membantu masyarakat untuk membayarkan pajak lewat aplikasi Dalam Genggaman (DG) milik Bankaltimtara.

Pada akhirnya diluncurkanlah layanan E-Samsat Dalam Genggaman Bhabin. Bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan pengesahan STNK tahunan tanpa harus ke Samsat. Layanan ini sangat efisien bagi masyarakat tak hanya dari segi waktu, tapi juga biaya. Bagi institusi, layanan ini dapat membantu meningkatkan penerimaan pendapatan pajak kendaraan bermotor yang turut berkontribusi pada perekonomian daerah. Ide utama dari program ini adalah untuk memberikan akses pelayanan yang terjangkau, berkualitas, setara, dan merata bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil. Bapenda menyadari dengan beragamnya karakteristik masyarakat, tak semuanya terampil dalam menggunakan aplikasi pembayaran secara online ini. Itu sebabnya, petugas Bhabin memberikan bantuan untuk pembayaran yang mudah, efsien, dan aman. Selama ini pembayaran pajak kendaraan bermotor masih mengharuskan wajib pajak datang ke samsat. Dengan adanya layanan ini yang telah terdigitalisasi dan bekerja sama dengan petugas Bhabinkamtibmas. Hal ini merupakan respons dari Tim Pembina Samsat agar masyarakat tidak perlu melakukan pencetakan bukti pajak ke kantor Samsat terdekat karena hal tersebut bisa dilakukan oleh petugas.