BAPENDA KALTIM SAMBUT STUDI BANDING BAPENDA MALUKU UTARA, INGIN CONTOH SIMPATOR

SAMARINDA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov Kaltim menyambut hangat kedatangan Bapenda Prov Maluku Utara, di Kantor Bapenda Kaltim, Kamis (15/12), dalam rangka studi banding peningkatan pendapatan daerah khususnya Pajak Daerah.

Hadir Kepala Bapenda Maluku Utara Zainab Alting bersama Kepala BPKAD Maluku Utara Ahmad Purwajaya, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Maluku Utara Kombes Pol Iman Pribadi Santoso, Aspidsus Kejati Maluku Utara Muh. Irwan, Asdatun Kejati Maluku Utara Frenkie Son, dan pejabat struktural serta para staf.

Kepala Bapenda Kaltim Ismiati juga turut didampingi Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Sonny Irawan, Direktur Operasional Bankaltimtara Siti Aisyah, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Samarinda Pahala Hendra Hutabarat, dan pejabat struktural lainnya.

Dalam paparannya, Ismi menjelaskan tentang upaya Bapenda Kaltim dalam pengelolaan pendapatan daerah dan inovasi-inovasi yang dimiliki.

“Bapenda tidak bekerja sendiri. Bersama Tim Pembina Samsat Kaltim dan para stakeholders kami berkolaborasi untuk mencapai target. Alhamdulillah pada pekan kedua Desember, target kami sudah tercapai. Realisasi Pajak Daerah menembus Rp 6,92 triliun dari target Rp 5,84 triliun,” ungkapnya.

Keberhasilan juga diraih berkat inovasi yang diterapkan. Salah satunya adalah Simpator. Dengan hadirnya Simpator maka kepercayaan masyarakat akan meningkat selaras dengan kesadaran membayar pajak.

Inovasi ini rencananya akan dicontoh oleh pihak Maluku Utara agar penerimaan PKB di provinsi tersebut semakin optimal.